Minggu, 29 November 2020

Kls 5 c, 30 nov 2020

 

Materi Ajar Senin, 30 Nopember 2020

 Hari/tanggal                 :  Senin, 30  November 2020

Kelas                            : V C

Tema 5                         : Ekosistem

Subtema 3                  : Keseimbangan Ekosistem

 Pembelajaran              :5

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh



Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 


Hari ini kita akan belajar:
• Menjelaskan faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
• Menjelaskan salah satu jenis karya seni Nusantara.
• Menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni Nusantara.

Ayo sama-sama kita simak video berikut ini!


tema-5-kelas-5

Perhatikanlah gambar-gambar di atas! Pernahkah kamu melihat peristiwa seperti pada gambar di atas? Ceritakanlah tentang gambar tersebut kepada teman sebangkumu. Menurutmu, apakah penyebab terjadinya peristiwa tersebut? Apa akibat dari peristiwa tersebut terhadap ekosistem di perbukitan tersebut? Apakah jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem tersebut terpengaruh? Tindakan apa yang dapat dilakukan agar peristiwa tersebut dapat dicegah?

Tahukah kamu bahwa manusia dapat melakukan perubahan pada sebuah ekosistem? Beberapa kegiatan manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dapat mengubah ekosistem yang ada di sekitarnya.

Udin bersemangat sekembalinya dari kegiatan olahraga. Ia terlihat bugar dan siap dengan kegiatan berikutnya. Tibatiba ia dikejutkan dengan suara kentongan yang cukup keras berasal dari perkampungan di dekat sekolah. Bunyi kentongan bambu itu menunjukkan ada kebakaran di sekitar situ. Ketika ia hendak keluar halaman sekolah, para guru memintanya untuk tetap berada di sekolah karena kebakaran terjadi jauh dari sekolah. Dari kejauhan, Udin dapat melihat asap mengepul dari bukit dekat perkampungan penduduk. Udin ingin tahu mengapa kebakaran itu terjadi. Apakah kebakaran tersebut karena ulah manusia atau kebakaran karena kemarau? Apa pun penyebabnya, ekosistem di bukit itu pasti mengalami perubahan.

Ayo Membaca

Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem

Keseimbangan lingkungan dapat terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Apabila terjadi gangguan pada kedua komponen tersebut, keseimbangan lingkungan akan terganggu. Sejauh ini, diketahui terdapat dua jenis faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan factor manusia. Faktor alami yang menyebabkan perubahan keseimbangan lingkungan adalah peristiwa alam. Peristiwa alam ada yang menimbulkan bencana, disebut bencana alam. Bencana alam seperti letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami dapat mengakibatkan terputusnya rantai makanan. Bencana alam tersebut terjadi secara alami dan tidak disebabkan oleh kegiatan manusia.

Faktor lain penyebab perubahan keseimbangan ekosistem adalah factor manusia yang melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat beberapa kegiatan manusia yang secara langsung memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan tersebut antara lain kegiatan penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan, perburuan hewan hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan hewan langka dan dilindungi. Kegiatan lain berupa pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, kegiatan pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan, serta beberapa kegiatan lainnya yang mencemari lingkungan.

Penebangan pohon-pohon di hutan jelas akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Pembakaran hutan berakibat terbunuhnya berbagai jenis organisme hutan yang mempunyai peran untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem. Demikian halnya dengan perburuan hewan hutan secara sembarangan serta penangkapan berbagai satwa langka dan dilindungi. Tindakan-tindakan ini berakibat pada terganggunya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta punahnya beberapa jenis satwa. Kegiatan pertanian intensif yang menginginkan hasil panen dalam jumlah besar pada waktu yang singkat menyebabkan terjadinya pemakaian pupuk buatan secara berlebihan. Pada saat yang sama, pengendalian hama pun dilakukan dengan menggunakan zat-zat kimia berbahaya. Kedua kegiatan ini akan merusak tanah tempat sumber makanan dan tempat tinggal berbagai jenis organisme. Penggunaan insektisida buatan juga akan membunuh hewan-hewan selain hama yang memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan lain manusia yang menimbulkan dampak sangat besar adalah kebiasaan membuang sampah dan limbah berbahaya secara sembarangan. Kegiatan ini akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, berbagai jenis kegiatan manusia dapat menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem.

Ayo Berkreasi

Berdasarkan bacaan di atas, berikut ini peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan informasi penting pada setiap paragraf.

tema-5-kelas-5

Lalu, buatlah kesimpulan bacaan pada tempat yang tersedia.

Kesimpulanku:
Keseimbangan lingkungan dapat terganggu akibat faktor alami dan faktor manusia. Faktor alami penyebab perubahan keseimbangan lingkungan adalah bencana alam seperti letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami. Faktor manusia yaitu kegiatan penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan, perburuan hewan hutan yang tidak terkendali, pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, kegiatan pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan.

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?
Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem yaitu faktor alami dan faktor manusia.

2. Mengapa manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem.
Manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem karena manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya.

3. Apa saja kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?
Kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem antara lain penebangan dan pembakaran hutan, perburuan liar, penggunaan pupuk buatan yang berlebihan, pembuangan sampah dan limbah sembarangan.

Rabu, 25 November 2020

Kamis, 26 nov 2020

 

kamis,26 november 2020/kelas 5 C

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Kamis, 26  November 2020

Kelas                            : V C

Tema 5                         : Ekosistem

Subtema 3                  : Keseimbangan Ekosistem

 Pembelajaran              :2 dan 3

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 


SELAMAT HARI GURU NASIONAL UNTUK SEMUA GURU-GURU DI INDONESIA

TETAP SEMANGAT MURID-MURID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

SEMOGA DI SEMSESTER DEPAN KITA BERTEMU DI KELAS SECARA NORMAL


 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  


Anak-anak hari ini tidak ada tugas tetapi hanya menyimak video pembelajaran di link di bawah ini, sebagai persiapan untuk ulangan harian Tema 5 subtema 2 besok pada hari Jumat tanggal 27 Nopember 2020. Jangan sampai tidak disimak ya!

Oh ya jangan lupa murojaah untuk surat wajibnya pada pembelajaran Tahsin dengan Abi Wahid dan umi Susi muatan Bahasa Arab. 




Ayo Membaca
Masyarakat Indonesia terkenal dengan budaya gotong royong dan tepo seliro yang merupakan penerapan nilai-nilai saling membantu, peduli, dan saling menghormati sesama anggota masyarakat. Penerapan nilai tersebut tampak nyata dalam kegiatan kehidupan masyarakat sehari-hari. Nilai ini telah lama diturunkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dan mendarah daging dalam kehidupan masyarakat. Mengapa pewarisan nilai-nilai tersebut bisa terjadi?

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah tersebut. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya seperti kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas menjadi bukti adanya keragaman budaya Indonesia. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.

Dari artikel tersebut, berikut cara menentukan pikiran utama pada setiap paragraf, dengan mencari informasi penting dari setiap paragraf tersebut.

Bacalah tabel di bawah ini.
ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua.
  1. Di sebelah barat laut berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. 
  2. Batas-batas geografis memberi pengaruh bagi Indonesia.
2Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. 
  1. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain. 
  2. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. 
  3. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri.
3Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
  1. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. 
  2. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. 
  3. Berbagai bentuk budaya seperti kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas.
  4. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.

Berdasarkan tabel di atas, berikut kesimpulan yang dapat diambil dalam tulisan satu paragraf. dan menggunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasa yang kita pilih sendiri.

Kesimpulan:
Letak geografis Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Nah, anak-anak sekarang sudah bisa memahami  cara menentukan pikiran utama dalam sebuah paragraf dan memberi kesimpulan dari sebuah teks, artikel atau pun bacaan.

Jangan lupa belajar ya untuk persiapan penilaian akhir semester yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Dsember 2020

Tugas hari ini hanya membaca di atas.

SELAMAT MENGERJAKAN DAN TETAP SEMANGAT...

Senin, 23 November 2020

Selasa, 24 nov 2020 kls 5 C

 

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Selasa, 24  November 2020

Kelas                            : V C

Tema 5                         : Ekosistem

Subtema 3                  : Keseimbangan Ekosistem

 Pembelajaran              :1

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  


Anak-anak hari ini tidak ada tugas tetapi hanya menyimak video pembelajaran di link di bawah ini, sebagai persiapan untuk ulangan harian Tema 5 . Jangan sampai tidak disimak ya!


yuk kita simak penjelasan video berikut ini anak-anak!






Minggu, 22 November 2020

S3nin,23 nov 2020 pjj kls 5 C

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Senin, 23 November 2020

Kelas                            : V

Tema 5                         : Ekosistem

Subtema 2                    : Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

 Pembelajaran               : 5 dan 6

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

 


Yuk kita simak video berikut ini untuk mengtahui materi kita pada hari ini.








Perubahan Ekosistem

Ekosistem mengalami perubahan sepanjang waktu. Komponen-komponen di dalam ekosistem dapat mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah. Misal, pada saat musim hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak air hujan daripada saat musim kemarau. Tanaman tumbuh dengan baik. Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak makanan daripada biasanya. Kondisi ini akan peningkatan populasi tikus tanah di kebun tersebut. Peningkatan jumlah tikus tanah akan mengakibatkan meningkatnya populasi ular tanah. Peningkatan ini disebabkan ular tanah mendapatkan banyak makanan berupa tikus tanah pada musim itu.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu berkurang. Tanaman tumbuh lebih lambat. Makanan yang dihasilkannya juga lebih sedikit. Keadaan ini akan mengakibatkan menurunnya populasi tikus tanah yang memakan tanaman di kebun itu. Akibatnya, populasi ular tanah pun akan berkurang karena berkurangnya sumber makanan pada musim itu.

Ekosistem mengalami perubahan baik secara alami maupun karena kegiatan manusia. Perubahan musim, seperti dijelaskan di atas, merupakan salah satu contoh perubahan alami. Selain musim, hal yang termasuk faktor perubahan alami adalah bencana alam berupa gunung meletus, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir. Manusia dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan ekosistem. Manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengubah ekosistem. Kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan, dapat mengubah keseimbangan ekosistem. Masih banyak lagi kegiatan manusia yang dapat mengubah ekosistem.


Berdasarkan bacaan di atas perhatikanlah setiap pokok pikiran di setiap paragraf. Garis bawahilah informasi penting yang terdapat di dalamnya. Lalu, buatlah sebuah peta pikiran yang menjelaskan isi bacaan tersebut di tempat yang tersedia. Bandingkan peta pikiranmu dengan peta pikiran yang ibu contohkan di bawah ini.




1. Semangat gotong royong dan kekeluargaan di lingkungan rumah yaitu ….
a. menghindari tetangga yang terkena musibah
b. belajar bersama dengan teman di lingkungan rumah
c. meninggalkan orang tua yang sedang repot
d. menghindari kegiatan kerja bakti yang diadakan   

2. Musim hujan telah tiba. Pada musim hujan, air sungai di perkotaan meluber ke daerah pemukiman penduduk. Hal ini disebabkan daerah aliran sungai terlalu sempit dan dangkal. Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke sungai menyebabkan aliran sungai terhambat. Sampah-sampah itulah yang membuat sungai tidak bersahabat lagi dengan manusia.
Ringkasan yang tepat dari paragraf tersebut adalah ….
a. Pada musim hujan, banjir terjadi karena daerah aliran sungai terlalu sempit dan dangkal akibat  dari kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai.
b. Para penduduk seharusnya tidak membuang sampah di sekitar sungai agar aliran sungai tidak terhambat sehingga banjir tidak akan terjadi.
c. Bencana banjir dapat membawa kerugian yang besar bagi kehidupan manusia, makhluk hidup lain, dan lingkungan sekitar.
d. Pembuangan sampah di sekitar aliran sungai akan membuat pemukiman rumah di sekitar sungai menjadi tidak sehat dan mendatangkan bencana.


3. Sesuai paragraf tersebut, mengapa air sungai di perkotaan bisa meluber ke pemukiman warga?
  1. a. Karena sungai di perkotaan tidak lagi bersahabat dengan manusia.
    b. Karena debit air pada musim hujan melebihi daya tampung sungai.
    c. Karena daerah aliran sungai terlalu sempit dan dangkal akibat masyarakat membuang sampah ke sungai.
    d. Karena sampah-sampah membuat sungai tidak bersahabat lagi dengan manusia.
4. Perhatikan paragraf berikut!
  1. Sudah banyak calon pemudik yang menjadi korban calo. Calo sanggup mencarikan tiket untuk para pemudik dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan, bisa dua kali lipat harga tiket. Namun, para pemudik tetap saja tergiur untuk membelinya. Hal ini karena mereka ingin pulang ke kampung halaman meskipun dengan harga tiket yang melambung.
    Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
    a. Siapa yang menjadi korban para calo?
    b. Mengapa para calo suka menaikkan harga tiket?
    c. Mengapa para pemudik ingin pulang ke kampung halaman?
    d. Apakah para pemudik tidak rugi dengan harga tiket yang tinggi?
5. Perhatikan paragraf berikut!
  1. Sisa makanan dan bakteri di gigi sering kita jumpai. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan tersebut dapat mengikis gigi. Keduanya akan membentuk satu titik yang tidak terlihat. Semakin lama, titik tersebut akan membentuk lubang gigi. Oleh karena itu, menggosok gigi sesudah makan sangat penting untuk dilakukan.
    Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ….

Kamis, 19 November 2020

JUMAT, 20 NOVEMBER 2020

 

JUMAT, 20 NOVEMBER 2020

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ )

 

HARI/TANGGAL                 :  JUMAT, 20 NOVEMBER 2020

KELAS                           : V C

TEMA 5                        : EKOSISTEM

SUBTEMA 2                  : HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM

PEMBELAJARAN             : 4

 

ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAH WABAROKATUH

APA KABAR ANAK SHOLIH SHOLIHAH

SEMOGA SEMUANYA DALAM KEADAAN SEHAT WAL'AAFIYAT

MARI AWALI KEGIATAN BELAJAR HARI INI DENGAN BERDOA

 

 ANAK-ANAK SUDAH SIAP BELAJAR HARI INI? AYO, JANGAN LUPA CUCI TANGAN TERLEBIH DAHULU YA DENGAN SABUN PADA AIR MENGALIR SEBELUM DAN SESUDAH MEMULAI KEGIATAN! NAH, KALAU SUDAH CUCI TANGAN, MARI KITA BERSIAP MEMULAI PEMBELAJARAN. MARI KITA AWALI DENGAN MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU SEMOGA KITA SELALU SEHAT DAN DIBERIKAN KEMUDAHAN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN BELAJAR HARI INI! 

MINTALAH BANTUAN KEPADA AYAH/BUNDA UNTUK MENDAMPINGI ANANDA SELAMA MELAKUKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN, YA!

JANGAN LUPA UCAPKAN TOLONG BILA MINTA BANTUAN, UCAPKAN MAAF APABILA MELAKUKAN KESALAHAN, DAN UCAPKAN TERIMA KASIH SETELAH MENDAPATKAN BANTUAN!  HARI INI KITA AKAN BELAJAR:

• MENGENAL SISTEM SUBAK DI BALI.
• MENCARI TAHU INFORMASI PENTING DALAM BACAAN.
• MENGENAL PROKLAMASI SEBAGAI PERISTIWA BERSEJARAH BANGSA.


tema 5 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 4

Perhatikanlah kedua gambar di atas.
Kedua gambar tersebut merupakan ketampakan yang ada di permukaan bumi. Persawahan yang berada di Bali merupakan buatan manusia untuk kebutuhan manusia. Ketampakan berupa sawah merupakan salah satu contoh ketampakan buatan. Gunung merupakan salah satu contoh ketampakan alam ciptaan Tuhan, contoh Gunung Sinabung di Sumatra Utara. Terdapat banyak ketampakan alam dan buatan di sekitar kita. Diskusikanlah dengan teman sebangkumu ketampakan alam dan ketampakan buatan yang kamu ketahui. Tuliskan hasil diskusimu pada sebuah tabel.

Siti: “Pada hari Sabtu, Ayah dan Ibu berencana untuk mengajakku dan adikku pergi ke daerah Puncak, Bogor.”
Lani: “Wah, senangnya! Apa yang akan kamu lakukan di sana, Siti? Udara di sana sangat sejuk dan menyegarkan. Perkebunan teh yang terdapat di sana juga betul-betul asri.”
Siti: “Iya, Lan, aku memang berkeinginan untuk berjalan-jalan menyusuri perkebunan teh yang ada di sana. Wah, aku sudah tidak sabar!”

Ayo Membaca

Jika kamu perhatikan, terdapat banyak sekali ketampakan alam dan buatan di sekitar kita. Bahkan, banyak ketampakan alam yang juga menjadi tempat wisata menarik. Bacaan berikut ini menjelaskan tentang salah satu contoh ketampakan alam dan buatan yang sering dikunjungi masyarakat Jakarta dan Jawa Barat.

Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini.

Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor

Puncak adalah sebuah kawasan wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.
Di kawasan ini terdapat sebuah perkebunan teh yang telah dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perkebunan ini kini berubah nama menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas. Perkebunan teh ini membentang di antara bukit-bukit yang ada di kawasan Puncak. Tanaman teh ditanam sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemandangan alam yang indah. Tanaman teh ditanam dengan rapi sesuai kontur perbukitan. Selain keindahan alam, kesejukan kawasan ini menjadikan Puncak sebagai daerah kunjungan wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Dikarenakan posisinya yang berada di kaki dan lereng pegunungan Gede- Pangrango, udara kawasan ini menjadi sejuk bahkan cenderung dingin. Inilah yang membuat daerah Puncak, Bogor sangat cocok untuk budi daya tanaman perkebunan. Selain perkebunan teh, di daerah Puncak dapat kita temui juga perkebunan kopi, pala, tanaman hias, dan perkebunan buah seperti stroberi dan sayur-mayur.

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.
a. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat! Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat.
b. Tuliskanlah dengan rapi pertanyaanmu, dan berikan tempat untuk menjawabnya!
c. Tukarkan daftar pertanyaanmu dengan teman lain yang ada di dalam kelas.
d. Jawablah pertanyaan temanmu dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar!

No.Kata TanyaPertanyaanJawaban
1.ApaApa nama perkebunan di kawasan Puncak?Perkebunan di kawasan puncak bernama PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas.
2.Di manaDi mana letak kawasan Puncak?Kawasan Puncak terletk di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
3.BerapaBerapa jarak kawasan Puncak dari Jakarta?Kawasan Puncak berjarak 70 km sebelah selatan Jakarta.
4.KapanKapan perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun?Perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.
5.MengapaMengapa kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan?Kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan karena  kawasan ini sejuk bahkan cenderung dingin.
6.BagaimanaBagaimana kunjungan wisatawan di kawasan Puncak?Kunjungan wisatawan di kawasan Puncak selalu ramai.


Menceritakan Pengalaman

Paragraf berikut  dapat kamu jadikan contoh untuk menulis pengalaman. Deskripsikan dengan kata-kata yang sesuai dengan tempat wisata favoritmu!
Saya pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada petengahan bulan Juli tahun 2018. Di kawasan Candi borobudur tampak  sebuah ketampakan buatan yang sangat megah dan indah. Candi ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi serta sarat akan nilai filosofis. Kamipun mulai berjalan mengitari candi lalu mulai naik menuju tingkat paling atas. Dari puncak Borobudur saya dapat menyaksikan ketampakan alam yang berada di sekeliling candi. Bukit-bukit dan pegunungan berbaris seolah-olah mengelilingi candi tersebut, sungguh indah pemandangan di sekitar Candi Borobudur.
Lani: “Sepertinya Kawasan Puncak di Bogor itu menarik untuk dikunjungi, ya, Siti? Tentunya daerah itu memiliki hawa yang sejuk sekali. Apalagi di sana ada perkebuhan teh yang dapat dikunjungi wisatawan!”
Siti: “Ya, yang saya dengar, kawasan itu selalu ramai dikunjungi wisatawan dari daerah-daerah di sekitar Bogor, seperti Jakarta dan Bekasi. Hampir setiap akhir pekan arah menuju kawasan itu dipadati para pengunjung dari dalam dan luar Bogor.”

Lani: ”Wah, berarti masyarakat di sekitar kawasan itu sangat diuntungkan dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi daerahnya, ya, Siti? Kegiatan tersebut tentu memengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat sekitar kawasan tersebut.”

Siti: ”Seharusnya seperti itu, Lan. Masyarakat di sana harus hidup rukun dan bergotong royong untuk menjaga kawasannya agar terus dikunjungi wisatawan. Ketampakan alam yang indah dan sejuk itu harus dapat dikelola sebaik-baiknya untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat sekitarnya”

Lani: ”Aku setuju, Siti. Tanpa persatuan dan kesatuan, masyarakat yang adil dan makmur akan sulit dicapai! “

Ada banyak alasan bagi masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan. Oleh karena negara kita memiliki banyak sumber daya alam yang dapat meningkatkan kemakmuran rakyat. Masayarakat yang adil dan makmur merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa kita. Dengan menjaga, memelihara dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, masyarakat adil dan makmur pasti tercapai.

Bacalah bacaan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh alasan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Membaca


Bersatu untuk Indonesia Makmur

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan usaha untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Persatuan dan kesatuan mutlak diperlukan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap daerah bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat daerah tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap usaha pengelolaan sumber daya dan hasil bumi adalah untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Matematika

Satuan waktu

 


 Lihat contoh 1 berikut!

  

Lihat contoh 2 berikut!

 

Tugas anak-anak hari ini mengerjakan latihan di buku cetak matematika

Halaman 48 Asyik Berlatih soal cerita kerjakan soal no 1,4,7 dan 8 

Di tunggu tugas nya ya nak, jangan lupa