Minggu, 06 Oktober 2024

Materi ajar kls 3 C

 


Senin, 7 Oktober 2024

Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 3 Pb.1 & 2

 Hari / Tanggal           : Senin, 7 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 1 & 2


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang perubahan-perubahan wujud benda. 

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang perubahan-perubahan wujud benda di sekitar kita

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda garam, mampu mengkonversi dalam satuan waktu, mempraktikkan melipat baju, dan mengidentifikasi sikap bersatu dan tolong menolong.

KEGIATAN INTI (40 Menit)

Ayo Membaca
Bertani Garam
Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut.

Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di dalam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan.

Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu. Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.

Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air laut yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen. Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba. Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus.

Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah-daerah.
Sumber : www.bobo.kidnesia.com

Ayo Bercerita
Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan garam. Bantulah Siti menceritakan proses pembuatan garam. Buatlah bentuk cerita bergambar!


 

Ayo Mengamati
Waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak air laut adalah dua jam. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan menit?

Satuan jam dapat diubah menjadi menit. Diskusikan bersama temanmu! Isikan hasilnya pada titik-titik berikut.

1 jam = 60 menit

Perhatikan cara penyelesaiannya di bawah ini!

2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit
Jadi, waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak adalah 120 menit.

Untuk memanen satu petak garam, petani garam memerlukan waktu 90 menit. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan jam?

90 menit = 60 menit + 30 menit = 1 jam + 30 menit
Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk memanen satu petak garam adalah 1 jam 30 menit.

Setelah memanen garam, petani membawa garam hasil panen ke pabrik. Waktu yang ditempuh petani menuju pabrik dengan berjalan kaki adalah 1 jam 20 menit. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menit?

1 jam = 60 menit
1 jam 20 menit = 60 menit + 20 menit = 80 menit

Ayo Mencoba
Sebutkan perubahan wujud yang terjadi saat menjemur pakaian basah! Ya benar, penguapan. Sama seperti proses pembuatan garam. Baju mengering karena air dalam baju yang basah menguap terkena panas matahari. Setelah baju mengering, lipatlah dengan rapi dan susunlah di lemari.

Perhatikan cara melipat kaos berikut ini! Ikutilah langkah-langkahnya!

  1. Letakkan kaos di permukaan yang datar dengan bagian depan berada di bawah. Haluskan kaos
  2. Lipat bagian bawah kaos terlebih dahulu.
  3. Lipat bagian kanan kaos, lipat juga lengan kaosnya.
  4. Lipat bagian kiri dengan cara yang sama .
  5. Lipat lengan kaos bagian kiri
  6. Buat lipatan tengah sehingga kaos terbagi menjadi dua bagian yang sama lalu lipat kaos.
  7. Kaos sudah terlipat dengan baik.

PEMBELAJARAN 2

Perubahan wujud zat adalah perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini dapat terjadi karena adanya penyerapan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi saat tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya adalah air yang sudah mencapai titik beku akan berubah menjadi benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Gulali
Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

A. Alat dan Bahan

  1. 500 gram gula pasir.
  2. 250 ml air matang.
  3.  Pewarna makanan
  4. Tusuk sate


B. Cara Membuat

  1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diperlukan.
  2. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
  4. Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

Ayo Mengamati
Kamu sudah melakukan dan mencermati cara membuat gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!

No.

Peristiwa

Perubahan Wujud yang Terjadi

1.

Gula dicampur air

Mencair

2.

Air mendidih

Menguap

3.

Adonan gulali mengental

Membeku

Ayo Berdiskusi
Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali. Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?

Ayo bercerita
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tentunya juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.


Keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama seperti semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita datang dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan dapat dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, sikap bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan peran yang beragam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!

Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh sikap bersatu ;

  1. Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. 
  2. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  3. Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  4. Tidak merendahkan adat istiadat lain. 
  5. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Ayo Mengamati
Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu. Berilah tanda centang (√) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.

 


Ayo Bercerita
Kamu telah memilih aktivitas yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan cerita Edo di bawah ini!

Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.


Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah aku membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah aku juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu aku saat kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan ikhlas membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa bangga terhadap keluargaku.

Berikut tadi materi yang dapat sir yogi sampaikan.

Yuk kita simpulkan bersama

1. Pembuatan garam adalah contoh perubahan wujud benda menguap

2. 1 jam = 60 menit

3. Perubahan wujud benda terjadi karena adanya perubahan kalor benda melalui proses pemanasan

4. Sikap bersatu artinya adalah saling menghormati perbedaan yang ada

5. SIkap tolong menolong dapat dilakukan dimana saja.

Nah itu tadi materi kita hari ini

Kesimpulan:

Alhamdulillah semua siswa dapat menyebutkan perubahan wujud benda dengan mempraktikkannya di dalam kelas, dimulai dg benda padat menjadi cair, cair membeku, beku menjadi gas

semoga bermanfaat, 

assalamu'alaikum wr wb

Kamis, 03 Oktober 2024

Materi ajar kls 3 C

 Hari / Tanggal           : Jumat, 4 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.


Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada siswa lain. Pameran kelas/ sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya yang dihasilkan oleh siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum.

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap.

Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri, di antaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi). Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya  yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya

Ayo Berlatih
Banyak Ragam Perubahan di Sekitarku
Hari yang ditunggu telah tiba. Kelompokmu akan memamerkan hasil pekerjaan kepada teman-teman yang lain. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil penelitianmu. Penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. Undanglah teman-temanmu dari kelas lain. Jadi, teman-teman kelas lain dapat melihat hasil penelitan kelasmu!

Ayo Berkreasi
Tuliskan waktu pelaksanaan pemeran di kelasmu!

Pameran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.


Perhatikan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu!

Apakah perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis jam di atas?
Persamaannya
Ketiga jam tersebut sama sama berfungsi untuk menunjukan waktu.

Perbedaannya :

  1. Jam analog memiliki jarum penunjuk jam yang akan berputar setiap detik menit dan jam.

  2. Jam digital hanya menunjukan angka waktu yangg akan berubah setiap menit dan jamnya.

  3. Jam pasir tidak memiliki angka, hanya perpindahan pasir yang menunjukan berubahnya wakt

Rabu, 02 Oktober 2024

Materi ajar, klsb3 C

 Hari / Tanggal           :  kamis, 3 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 4 & 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.

PEMBELAJARAN 4

Ayo Mengamati
Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Ayo Membaca
Mengembun adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Ada dua contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es batu ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa saat kemudian, sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air.

Perhatikan ketika kalian naik mobil pada saat cuaca cerah. Kaca jendela mobil bagian dalam kering. Ketika hujan turun, kaca mobil bagian dalam menjadi buram. Apabila kalian menempelkan telapak tangan pada kaca, telapak tangan menjadi basah. Bagaimana kedua peristiwa itu dapat terjadi?

Mungkinkah es yang mencair dapat menembus gelas? Mengapa sisi luar gelas menjadi basah? Kamu perlu memahaminya. Bacalah penjelasan berikut ini!


Udara di sekitarmu banyak mengandung uap air. Ketika uap air bersentuhan dengan benda-benda yang lebih dingin (suhunya rendah), maka berubah menjadi bintik-bintik air.

Jadi, tetes-tetes air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas. Akan tetapi, tetes-tetes air berasal dari uap air di sekitarnya.


Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dan melakukan percobaan. Lengkapilah bagan berikut ini!


Ayo Berdiskusi
Siti dan teman-temannya baru saja melakukan percobaan di dalam kelas. Percobaan di kelas menggunakan es batu dan air. Ternyata lantai kelas menjadi basah. Siti meminta bantuan petugas kebersihan sekolah untuk mengeringkan lantai kelas. Petugas menggunakan kain pel dibantu Siti dan teman-temannya.

Apakah di sekolahmu mempunyai petugas kebersihan? Apa saja tugas-tugasnya? Lakukan secara berkelompok. Wawancarailah orang-orang yang mempunyai peran di sekolahmu. Tanyakanlah tugas dari masing-masing orang tersebut.

PEMBELAJARAN 5

Paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling bertalian untuk membuat sebuah ide atau gagasan baru. Paragraf merupakan sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama sama menjelaskan satu unit pokok pikiran. Paragraf yang baik merupakan paragraf yang dapat menyampaikan pikiran dengan baik kepada pembaca.
Ayo Mencoba
Bacalah wacana berikut ini! Baca paragraf demi paragraf. Susunlah paragraf, sehingga menjadi cerita yang urut! Nomorilah urutannya di kotak yang disediakan!

No.

Isi Paragraf

2.

Kapur barus digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Biasanya diletakkan di lemari di sela-sela pakaian. Atau di kamar mandi.

1.

Pernahkah kamu melihat atau menggunakan kapur barus? Kapur barus dapat dijumpai sehari-hari. Bentuknya bulat dan beraneka warna. Apakah kegunaan kapur barus?

4.

Kapur barus lama-kelamaan mengecil dan habis. Karena terjadi perubahan wujud pada kapur barus. Perubahan wujud dari padat menjadi gas. Perubahan wujud dari padat menjadi gas disebut menyublim.

5.

Peristiwa menyublim mengakibatkan kapur barus mengecil dan habis. Ketika kapur barus berubah wujud menjadi gas, tercium bau wangi di udara.

3.

Apa yang terjadi pada kapur barus? Lama-kelamaan kapur barus akan mengecil dan habis. Apa yang terjadi?



Tahukah kamu, perubahan wujud juga terjadi dari benda gas menjadi padat. Perubahan wujud benda
dari gas menjadi padat disebut menghablur atau mengkristal. Jika kita tinggal di negara 4 musim, maka akan melihat embun beku di pagi hari di musim dingin. Embun beku tersebut seperti kristal es yang menempel pada tanaman. Hal ini terjadi karena uap air di udara yang berwujud gas berubah menjadi padat.

Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud benda yang terjadi merupakan perubahan alami di sekitarmu. Hal ini merupakan karunia Tuhan yang Maha Kuasa yang harus disyukuri.

Sifat perubahan wujud dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk makanan dan minuman

Selasa, 01 Oktober 2024

Pembelajaran, rabu 2 Oktober 24 kls 3C

 Kegiatan outing klass ke polinela. Mengamati benda disekitar, serta mengamati tumbuhan, bagaimana merawat dan menyanyi tumbuhan.