Selasa, 04 Mei 2021

Rabu,5 mei 2021

 


Rabu, 05 Mei 2021

Materi Ajar Rabu, 5 Mei 2021

 


 Pembelajaran Jarak Jauh

Hari/ Tanggal : Rabu, 5 Mei 2021
Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya
PB 3 dan 4
Muatan Terpadu : 
Bahasa Indonesia (3.4, 4.4), PPkn (3.4, 4.4), IPS (3.3, 4.3)

Tujuan Pembelajaran: 

1. siswa dapat mengidentifikasi iklan berdasarkan jenisnya, siswa juga dapat menuliskan ciri – ciri bahasa iklan.

2. siswa dapat menuliskan dan mempresentasikan makna penting persatuan dan kesatuan bangsa dengan tepat.

3. Dengan kegiatan berlatih mengidentifikasi peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan.

4.  siswa dapat mengidentifikasi dan menuliskan kegiatan ekonomi dan produk unggulan masyarakat di lingkungan sekitar dengan tepat.


Assalamu'alaikum wr wb...

 
 
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Yuk literasi materi hari ini ... .

Jenis iklan ada berbagai macam. Kamu telah mempelajari sebagian jenisnya pada pembelajaran sebelumnya. Sekarang kamu akan belajar tentang iklan berdasarkan isinya. Apa saja itu? Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!

Berdasarkan isinya, iklan dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

  1. Iklan pengumuman atau Pemberitahuan
    Iklan pengumuman (pemberitahuan) merupakan jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk menarik perhatian masyarakat umum mengenai suatu hal-hal yang sifatnya pemberitahuan atau pengumuman. Contoh iklan pengumuman (pemberitahuan) seperti iklan reuni alumni sekolah dan iklan duka cita
  2. Iklan Penawaran (niaga)
    Iklan penawaran (niaga) merupakan jenis iklan mempunyai tujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa. Contoh iklan penawaran (niaga) seperti iklan penawaran barang (produk jam, makanan, sepatu, dan sebagainya) dan iklan penawaran jasa (jasa ojek online, jasa perbaikan rumah, jasa pijat, dan sebagainya)
  3. Iklan Layanan Masyarakat
    Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mengajak atau mengimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.


Hidup rukun artinya saling menghormati, menghargai dan menyayangi antara sesama manusia. Hidup rukun dilakukan di sekolah, rumah, dan masyarakat. Dengan hidup rukun, persatuan dan kesatuan dapat terjaga dengan baik. Kerukunan yang terbina, baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat dapat menghindarkan kita dari pemusuhan, sehingga kehidupan menjadi harmonis. Selain itu, dengan adanya kerukunan kita juga merasa aman, tenteram dan damai. Apabila kerukunan sudah terbina dengan baik, persatuan dan kesatuan tentunya juga akan semakin kokoh.
Persatuan dan kesatuan meripakan istilah tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman Indonesia. Indonesia merupakan negara yang unik di dunia. Indonesia tidak hanya memiliki sebuah negara yang memiliki suku bangsa dan bahasa, tetapi juga agama. Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata suku yang berarti utuh atau tidak terpecah-pecah. Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.



Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.
Kegiatan ekonomi secara garis besar meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga kegiatan ini tidak dapat berdiri sendiri. Ketigasa saling berkaitan. Produksi berarti tidak adanya distribusi dan konsumsi. Begitu juga dengan yang lainnya. Konsumsi tidak berarti tanpa barang yang di produksi dan pendistribusian. Distribusi pun tidak berarti tanpa produksi dan konsumsi.

a. Kegiatan Produksi

Kegiatan menciptakan barang untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia disebut kegiatan produksi. Orang atau badan yang menciptakan barang disebut produsen. Jenis-jenis kegiatan produksi dapat dikelompokkan berdasarkan bidang usaha pengolahan sumber dayanya.
Jenis-jenis kegiatan produksi menurut bidang usahanya antara lain sebagai berikut.

  1. Bidang usaha ekstraktif adalah kegiatan produksi yang bergerak di bidang pengambilan atau pemanfaatan sumber daya alam secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Contohnya, penambang yang mengambil hasil tambang atau nelayan yang menangkap ikan di laut.
  2. Bidang usaha agraris adalah kegiatan produksi yang bergerak di bidang pengolahan atau pengelolaan tanah. Contohnya, petani yang mengolah tanah untuk dijadikan sawah atau kebun
  3. Bidang usaha ndustri adalah kegiatan produksi yang bergerak di bidang pengolahan barang mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Contohnya, industri pengolahan kapas menjadi benang,industri otomotif, dan kerajinan
  4. Bidang usaha perdagangan adalah kegiatan produksi yang bersifat menambah nilai guna barang dengan caramenjual barang dari produsen ke konsumen. Sebenarnya kegiatan niaga pun termasuk kegiatan produksi. Contohnya, toko kelontong, agen koran dan supermarket
  5. Bidang usaha jasa adalah kegiatan produksi ang bergerak di bidang jasa dan pelayanan. Contohnya, bank, pos, agen perjalanan, dan sebagainya

b. Kegiatan Distribusi
Kegiatan distribusi sama pentingnya dengan kegiatan ekonomi lainnya. Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil dari produksi kepada konsumen. Orang atau badan pelaksana kegiatan distribusi disebut distributor.

      1. Tujuan distribusi
  • Mempercepat hasil produksi sampai di konsumen
  • Menjaga kelangsungan kegiatan ekonomi
  • Menyebarkan hasil produksi kepada konsumen
      2. Cara distribusi
  • Langsung
    Distribusi dilakukan tanpa melalui perantara. Contohnya, petani sayur menjual sayurannya ke konsumen
  • Tidak langsung
    Distribusi dilakukan melalui perantara, misalnya agen, makelar, toko dan sebagainya. Contohnya, penjualan di toko elektronik dan penjualan sepeda motor di dealer. Dalam distribusi tidak langsung yang berperan penting adalah perantara atau badan perantara. Misalnya, agen, pedagang dan sebagainya. Perantara perdagangan berupaya agar barang dapat cepat sampai di tangan konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana distribusi. Sarana distribusi dimaksudkan untuk memperlacar perjalanan barang. Termasuk di dalamnya alat-alat transportasi.
c. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Pelaku dari kegiatan konsumsi disebut konsumen.




Ayo simak Video berikut ini untuk Materi TEMA 9 Subtema 3 pembelajaran 4




Senin, 03 Mei 2021

Selasa,4 mei 2021

 

Selasa, 04 Mei 2021

Selasa, 4 Mei 2021 Live Streaming Pengumuman Lomba Gema Ramadhan

 Assalamu'alaikum wr wb...

 
 
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Ayo kita mulai  dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 




Selamaaaatt pagi ayah bunda dan anak-anak semua...

😁 😁


Udah pada nunggu - nunggu kan pengumuman lomba Gema Ramadhan kemarin...

Hari ini mau ibu guru infoin nih,

Pengumuman lomba Gema Ramadhan akan dilakukan LIVE di IG SD AL-AZHAR 1 pada hari ini Selasa, 4 Mei 2021 jam 09.00 WIB.


Yookk cus follow IG SD AL-AZHAR 1 dengan mengklik link dibawah ini

👇🏻👇🏻👇🏻

https://www.instagram.com/sdalazhar1_bandarlampung/


Jangan lupa ajak teman, keluarga, saudara bahkan tetanggamu untuk Follow Instagram SD AL-AZHAR 1 yaa... 

😇😇


Oiyaa, bakalan ada GIVEAWAY nanti di LIVE Pengumuman Lomba Gema Ramadhan untuk semua penonton acara LIVE nya lohh... 😉😉

Yuukk FOLLOW dari sekarang, biar gak ketinggalan 💃🏻💃🏻💃🏻


Hari ini kegiatan daring ditiadakan tapi anak-anak hanya menonton live streaming pengumuman lomba kita dan ikuti give away nya ada hadiah untuk yang berhasil menjawab pertanyaan...

TUGAS HARI INI 

Membuat kolase kegiatan beribadah sholat, menyimak tausyiah dan bukti screen shoot sudah memfollow ig sekolah kita, lalu foto saat menonton Live streaming di Ig SD AL-AZHAR 1

Selamat menyaksikan siapa tahu kamu pemenangnya....

Wa



ssalamualaikum wr.wb. ....

Minggu, 02 Mei 2021

Senin,03 mai 2021 kls 5 c

 


Hari/ Tanggal  :  Senin, 3 Mei 2021
Tema 9             :  Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema 3       :  
Manusia dan Benda di Lingkungannya 
PB 1 & 2

Muatan Terpadu : 
Bahasa Indonesia(3.4, 4.4),  IPA ( 3.9, 4.9 )

 TUJUAN PEMBELAJARAN: 

   TUJUAN

1.   1.  Dengan kegiatan mengamati gambar iklan, siswa dapat menyebutkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dengan percaya diri.

2.  2.  Dengan kegiatan membaca materi mengenai iklan, siswa dapat mengidentifikasikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk-bentuk iklan.

3.  3.  Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar tentang iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan tujuan iklan, bentuk iklan, dan kesimpulan isi teks paparan iklan dalam media cetak dengan benar.

4.  4.  Dengan kegiatan mengerjakan latihan mengenai zat tunggal, siswa dapat mengelompokkan benda-benda kedalam unsur atau senyawa dengan tepat.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa


Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!




 S Manusia dan Benda di Lingkungannya. Sekarang kita sudah sampai di Subtema 3, tema 9, pembelajaran 1. Dan pada pembelajaran 1 ini kita akan belajar;

  1. Menyebutkan isi paparan iklan media cetak secara lisan.
  2. Membaca tentang iklan. dan
  3. Mengelompokkan benda-benda ke dalam unsur-unsur atau senyawa yang tepat.
Saat jam istirahat, Edo dan Dayu membaca koran yang ditempel pada papan pajang sekolah. Papan pajang tersebut terbuat dari besi. Edo dan Dayu membaca koran. Setelah itu, mereka duduk di dekat papan pajang. Mereka meminum segelas es teh yang baru saja dibeli di kantin sekolah. Gelas es teh tersebut berbahan plastik.

Ayo Mengamati!
Saat Edo dan Dayu melihat koran di papan pajang, Edo tertarik pada sebuah iklan. Apa isi iklan yang dilihat Edo?
Amatilah iklan berikut!


Setelah mengamati iklan di atas, coba kamu kemukakan tentang:

1. Produk apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Produk yang ditawarkan dalam iklan diatas adalah produk air mineral.

2. Apa saja yang terdapat dalam iklan tersebut?
Gambar produk, nama produk, kalimat iklan yang menarik.

3. Bagaimana kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut?
Isi teks paparan iklan tersebut sudah cukup baik karena berisi himbauan pada kita untuk melakukan kebaikan. Selain itu, bahasa yang digunakan juga singkat, padat dan jelas.

Ayo Membaca!
Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan. Tujuan iklan
  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
  4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  5. Menarik khalayak ramai.
Ciri-ciri iklan yang baik dan benar
  1. Informatif
  2. Komunikatif
  3. Bahasanya singkat dan padat
  4. Menarik
Bentuk iklan pun bermacam-macam:

1. Iklan Baris
Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:
  1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  3. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat.
  4. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
  5. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  6. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  7. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.
Berikut adalah contoh iklan baris pada koran.




2. Iklan kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.
Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
  1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.
Berikut adalah contoh iklan kolom pada koran.




Secara umum, benda-benda di lingkungan sekitar kita (materi) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.

1. Zat tunggal
Zat tunggal adalah zat yang terdiri dari sejenis materi. Zat tunggal dapat juga disebut zat murni. Salah satu contoh zat tunggal adalah air.
Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contoh: besi, emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.

b. Senyawa
Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Sebagai contoh adalah air. Air terbentuk dari oksigen dan hidrogen. Contoh senyawa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula pasir, asam cuka, soda kue, dan vitamin c.

2. Campuran
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan unsur, atau senyawa dengan senyawa.

Beberapa contoh campuran, antara lain: air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, larutan garam, larutan gula, sirop buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.

Ayo Berlatih!
Agar kamu lebih memahami tentang zat tunggal, lengkapilah tabel penggolongan unsur dan senyawa berikut.

Nama ZatUnsurSenyawa
Air
Tembaga-
Gula-
Perak-
Garam-
Hidrogen-
Besi-
Asam Cuka-
Oksigen-
Emas-

Benda atau materi yang berada di lingkunganmu dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Benda atau materi ada yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa) maupun ke dalam campuran. Sebagai contoh, air adalah zat tunggal yang merupakan senyawa. Air sangat berguna bagi kehidupan manusia. Air berguna untuk minum, mandi, mencuci pakaian, dan lain-lain. Air juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan. Banyak benda atau materi di sekitarmu yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

 

Pembahasan Materi Kelas 5, Tema 9, Subtema 3, Pembelajaran 2


Rabu pagi, Edo bersiap-siap berangkat ke sekolah. Edo memakai baju batik yang merupakan seragam identitas sekolahnya. Sebelum berangkat, Edo tidak lupa menyantap sarapan pagi dan minum segelas susu yang telah disiapkan oleh Ibunya.

Pagi itu Edo berangkat sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo belajar mengenai iklan. Edo dan teman-teman mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Guru.

Pada pembahasan tentang iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui tentang pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.

Sekarang kamu akan mempelajari tentang unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak.



Ayo Berdiskusi!
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

NoUnsur Iklan
1.Gambar 
2.Kata-kata
3.Nama objek
4.Judul
5.Sub judul
Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.




















Pak Guru menunjukkan baju batik yang dikenakannya pada peserta didik. Pak Guru juga meminta peserta didik mengamati baju seragam batik yang sedang dikenakannya. Batik merupakan salah satu hasil karya seni rupa daerah. Apakah yang dimaksud dengan seni rupa daerah? Seni rupa daerah adalah cabang seni rupa. Seni rupa daerah memiliki suatu ciri khas dari latar belakang sejarah suatu wilayah. Oleh karena itu, seni rupa daerah memiliki perbedaan dengan karya seni daerah lain. Karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional. Corak seni tradisional terdiri atas karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi berupa karya tekstil, misalnya kain batik, kain tenun, dan kain songket. Karya seni rupa tiga deminsi, contohnya ukiran kayu, keramik, dan patung.



Karya seni daerah bercorak tradisional, biasanya menggunakan motif yang bersifat turun-temurun atau selalu sama dengan sebelumnya. Daerah masyarakat pesisir pantai, biasanya akan lebih didominasi dengan bentuk seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal. Sementara daerah masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

Secara umum, karya seni rupa daerah memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Bersifat kedaerahan.
2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah
a. Mengandung simbol-simbol dan bermakna.
b. Seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari.
c. Dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.

3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

Fungsi karya seni rupa daerah dibedakan menjadi fungsi individual dan fungsi sosial:

1. Fungsi individual
Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu, baik suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni juga sebagai media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan, dan juga teknik.

2. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan
Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.
1. Seni rupa murni
Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan fungsi. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan
Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang mengutamakan fungsi, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, ukiran kayu, gerabah, dan lain-lain.

Ayo Berlatih!
1. Sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui.
Jenis karya seni rupa daerah di Indonesia, yaitu batik, gerabah, dan ukiran kayu

2. Sebutkan cirri-ciri umum karya seni rupa daerah.
Berikut ciri-ciri umum karya seni rupa daerah.
  • Bersifat kedaerahan.
  • Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah.
  • Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.
3. Sebutkan dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.

4. Sebutkan 3 contoh seni rupa terapan yang ada di sekitar daerahmu.
Tiga contoh seni rupa terapan, yaitu batik, ukiran kayu, dan gerabah.

5. Sebutkan fungsi karya seni rupa daerah.
Fungsi karya seni rupa daerah dibagi menjadi dua.

a. Fungsi individual
Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu baik suka, duka , marah, cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan dan juga teknik yang tercerminkan melalui karya seni.

b. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan

Tugas hari ini adalah membuat iklan Kolom di buku gambarmu semenarik mungkin tentang Pendaftaran sekolah !!