Kamis, 07 Januari 2021

Jum'at, 8 Januari 2021

 

JUMAT, 8 JANUARI 2021/KELAS 5D

PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :Jumat, 8 Januari 2021

Kelas                            : VC

Tema 5                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1                   : Suhu dan Kalor

 Pembelajaran             :5

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar berikut ini!


 

1. Bagaimana ukuran kedua panci tersebut?

Ukuran kedua panci berbeda, panci A lebih besar dari panci

2. Manakah panci yang berisi air lebih banyak? A atau B?

Panci A yang digunakan umtuk berisi air lebih banyak 

3. Jika kedua panci berisi air itu dididihkan, panci manakah yang akan memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya?

Panci A membutuhkan waktu yang lebih lama dari panci B.

4. Mengapa?

Jumlah air dalam panci A lebih banyak daripada air yang ada di panci B

5. Bagaimana hubungan antara energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkan air di dalam panci dengan suhu air di dalamnya? (Air mendidih pada suhu 100°C).

Semakin banyak jumlah air, semakin banyak energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkannya.

6. Apakah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?

Kesimpulanku:

Kegiatan yang berbeda memerlukan energi panas yang berbeda juga.

Berdasarkan kegiatan di atas, identifikasi kegiatan sehari-hari yang menunjukkan penggunaan energi panas.

1. Menyetrika baju menggunakan setrika listrik

2. Penjemuran pakaian, pengeringan pakaian/ikan asin/bahan makanan, proses pembuatan garam

3. Memasak air di atas kompor.

4. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer. 

Ayo Mengamati

Manakah dari kegiatan berikut yang membutuhkan energi panas (kalor) lebih banyak? Berilah tanda centang (√) pada kotak yang telah disediakan!

Kegiatan 1

Kegiatan 2

Mengeringkan pakaian yang sangat basah.

Mengeringkan pakaian yang setengah basah.

-

Mengeringkan sapu tangan basah dari kain yang tipis.

-

Mengeringkan handuk mandi basah yang tebal.

Mengeringkan rambut panjang sehabis keramas.

Mengeringkan rambut pendek setelah keramas.

-

Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Pemasangan Kaca Jendela

Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.

2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil

Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan

pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.

3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon

Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang.

4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca

Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.

5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api

Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.

6. Penggunaan Termometer

Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut atau ketiak. Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah beberapa lama, cairan di dalam termometer akan karena terjadi pemuaian setelah mendapatkan panasdari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk  menunjukkan suhu tubuh. Ketika thermometer tidak digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan.


 Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kamu ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas. Apa yang kamu ketahui tentang isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.

 

Apakah yang kamu ketahui tentang paragraf-paragraf pada bacaan?

Paragraf

Berisi Tentang

Satu

Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan

Dua

Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu

Tiga

Bingkai jendela dibuat lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai

Empat

Udara di dalam ban dapat memuai karena panas

Lima

Kawat atau kabel dipasang kendur agar tidak putus saat memuai

Enam

Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas

Tujuh

Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai

Delapan

Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh

Dengan menggunakan tabel di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulan dari bacaan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu tentang bacaan di atas di tempat yang tersedia di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.

 Bacaan di atas menjelaskan bahwa:

Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu antara lain:

1. Bingkai jendela dibuat sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai

2. Udara di dalam ban dapat memuai karena panas

3. Kawat atau kabel diasang kendur agar tidak putus saat memuai

4. Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas

5. Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai

6. Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh

Ayo Bernyanyi

Sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa beberapa lagu daerah dimainkan dalam tangga nada pentatonis yaitu slendro dan pelog. Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga naeberapa alat pada gamelan terbuat dari bilah besi. Seperti beberapa alat musik pada gamelan Jawa berikut ini.

 


 

Alat musik gamelan dibuat dari campuran tembaga dan timah dengan ukuran tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut dapat menghasilkan suara yang berbeda. Campuran logam itu harus dipanaskan dengan suhu tinggi agar mencair dan mudah dibentuk. Proses ini disebut dengan peleburan. Paduan suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik tersebut terdengar harmonis untuk mengiringi lagu-lagu yang dimainkan pada laras slendro atau pelog

Perhatikanlah lagu daerah di bawah ini dengan saksama. Mintalah Guru untuk memperdengarkan lagu ini di kelas. Lalu tentukanlah tangga nada yang digunakan!

 Lengkapilah tabel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang lagu daerah di halaman 56.

Judul Lagu : Cing Cangeling

Asal

Jawa Barat

Tangga Nada

Slendro

Arti syair lagu

Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan
Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai.
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu
Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten
Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang
Plos kakolong bapak satar buleneng
Agar mendapat dunia yang penuh rahmat
Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh
Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak
Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak

Kesan

Gembira


Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )



Rabu, 06 Januari 2021

Kamis,7 Januari 2021

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Kamis, 7 Januari 2021

Kelas                            : V C

Tema 6                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1                   : Suhu dan Kalor

 Pembelajaran             :4

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  


AYO MEMBACA


PENGARUH NEGATIF INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN SEKITARNYA


Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

Interaksi Manusia

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

  1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
  2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu! Jawaban bisa bervariasi.
  3. Sebutkan dan jelaskanlah contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya! Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
  4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.


Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.

Judul :
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Paragraf 1Paragraf 2Paragraf 3
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam.Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alamInteraksi manusia dengan lingkungan dapat menyebabkan bencana.
Kata KunciKata KunciKata Kunci
ManusiaInteraksiInteraksi
HidupManusiaLingkungan
Lingkungan AlamAlamBencana


Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. 

Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!

Bentuk Kegiatan
Interaksi
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
Usaha untuk
Memperbaiki
PertanianPenggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanahMenggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
PerkebunanPenggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkunganPenggunaan musuh alami hama tanaman
PeternakanPembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan
PerikananLimbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkunganTepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. 



Kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!

Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.


 Tugas hari ini adalah mengirimkan foto kegiatanmu merawat lingkungan sekitar misalnya:

1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Menanam bunga 

3. Memberi pupuk dan menyiram tananaman

dan kegiatan merawat lingkungan yang lainnya.(boleh pilih salah satu)

foto diberi nama dan kelas lalu dibuat dalam bentuk kolase

Selasa, 05 Januari 2021

Rabu,6 januari 2021 kle 5 c

 

/ kelas 5 C

 

PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Rabu, 6 Januari 2021

Kelas                            : V C

Tema 5                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1                   : Suhu dan Kalor

 Pembelajaran             :3

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

tema-6-kelas-5-subtema-1-pembelajaran-3 

 
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.

Hubungan Manusia
Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak. Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam

2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
  • Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
  • Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
  • Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
  • Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
  • Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?

4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!

5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu.
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
  2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
  3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
  4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.
  5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel berikut! Lengkapi juga dengan informasi penting pada setiap paragrafnya!
ParagrafPokok PikiranInformasi Penting
1Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan.Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
2Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang
3Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati.Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya
4Hubungan antara manusia dan lingkungan alamHubungan yang membuat manusia harus
dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang
membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya
5Pemanfaatkan alam oleh manusiaUntuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan
pengetahuan dan teknologi.

2. Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan di atas. Gunakanlah pokok pikiran dan informasi penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk menggunakan bahasamu sendiri.
Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berhubungan dengan benda mati. Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. Ada 2 macam hubungan antara manusia dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki


Antara manusia dan lingkungan memiliki hubungan ketergantungan yang sangat erat. Manusia dalam hidupnya senantiasa berinteraksi dengan lingkungan di mana manusia itu berada. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosistem yakni suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya: tanah, udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer, air, cahaya, suhu atau temperatur, sedangkan komponen biotik diantaranya adalah: produsen, konsumen, dan pengurai. Kehidupan manusia sangat tergantung pada keadaan tumbuh-tumbuhan, binatang, dan lingkungan fisik yang ada disekitarnya.

 Konvensi Hak-Hak Anak
Anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh karenanya, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak berasal dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan pendidikan dan kesehatan.

Tak hanya itu, akibat perang dan pertikaian yang terjadi di beberapa negara menyebabkan banyak anak yang menjadi korban. Hak-hak mereka terabaikan sehingga menjadi korban kekerasan. Oleh karenanya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989.

Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.

Apa saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:

Hak ANak
  1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya.
  2. Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan.
  3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.
  4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
No.Kata SulitMakna
1.KonvensiPermufakatan atau kesepakatan
2.RatifikasiPengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional;
3.IdentitasCiri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri:
4.DiskriminasiPembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara
5EksploitasiPemanfaatan untuk keuntungan sendiri;

2. Buatlah daftar hak anak yang kamu dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah hak-hak tersebut di bawah ini!
  • Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. 
  • Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. 
  • Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. 
  • Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. 

3. Dari daftar yang kamu buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu dapatkan dengan membuat tanda centang (√).
No.Hak AnakKet.
1.Hak Kelangsungan Hidup
2.Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. 
3.Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
4.Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. 

4. Bagaimana kamu mendapatkan hak-hak tersebut?
No.Hak AnakCara Mendapatkan
1.Hak Kelangsungan HidupSelalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi. Selalu  memeriksakan kesehatan tubuh. 
2.Hak PerlindunganMematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang tua.
3.Hak Tumbuh KembangBelajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar.
4.Hak BerpartisipasiMendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua. menyampaikan pendapat dengan sopan, 
Tahukah kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!

Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.

Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama. Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
  1. Mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
  2. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
  3. Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
  4. Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
  5. Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
  6. Memperol Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?eh penilaian hasil belajarnya;
  7. Menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
  8. Mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.


Hak Adalah
Hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.

SOAL LATIHAN !

UNTUK MENJAWAB SOAL LATIHAN DI BAWAH INI KALIAN HARUS MEMBACA !

1.  Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? "Manusia dengan Lingkungan Alam"

2.  Apa saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:sebutkan!

3.  Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna kata tersebut

 a. konvensi =

b. ratifikasi =

c. diskriminasi =

Senin, 04 Januari 2021

Selasa, 5 Januari 2021 kls 5 C

 

/Kelas 5 C

PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Selasa, 5 Januari 2021

Kelas                            : V C

Tema 5                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1                   : Suhu dan Kalor

 Pembelajaran             :2

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

TEMA 6 KELAS 5 SD SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2


tema-6-kelas-5

Ayo Berdiskusi

Sore itu, Ayah Siti sedang membaca Koran. Di sampingnya, Ibu Siti pun sedang membaca sebuah majalah. Siti pun tak ketinggalan dengan bukunya, ia asyik membaca. Mereka memanfaatkan media cetak untuk mendapatkan informasi. Di meja tamu, tampak segelas teh panas yang masih mengepul untuk ayah. Ada juga es jeruk kesukaan Siti.

Ayo Membaca

Perbedaan Suhu dan Panas

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
 
 
Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 12

Ayo Menulis

A. Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa judul bacaan di atas? Perbedaan Suhu dan Panas.

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!
Paragraf 1 : Indera peraba, panas dan dingin, derajat panas

Paragraf 2 : Suhu, Besaran
 
Paragraf 3 : Panas, Energi, Termometer, Kalorimeter

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa air raksa pada termometer dapat naik dan turun?

4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Apa saja jenis-jenis termometer?
Mengapa indera peraba tidak bisa digunakan untuk menentukan suhu?

5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
 
Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat celcius (°C).

Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Sedangkan energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 13

B. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa yang kamu ketahui tentang panas?
Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?
Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!
 
 
Saat kita berada di dekat api unggun badan kita terasa hangat karena adanya perpindahan panas dari api unggun ke tubuh kita secara radiasi. Panas dari api unggun menyebabkan suhu tubuh naik.

Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut mengenai perbedaan antara panas dan suhu yang kamu ketahui!
 
 
PanasSuhu
Panas adalah salah satu bentuk energiSuhu adalah besaran
Panas dapat diukur menggunakan kalorimeterSuhu dapat diukur menggunakan termometer
Satuan panas adalah kaloriSatuan suhu adalah derajat Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin
Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnyaSuhu tidak dapat berpindah, namun bisa naik dan turun

Tuliskanlah kesimpulanmu tentang panas dan suhu dengan menggunakan kata-katamu sendiri berdasarkan kegiatan pembelajaran di atas!
Panas adalah energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, sedangkan suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda..

Minggu, 03 Januari 2021

Senin, 4 januari 2021 kls 5 C

 Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Senin, 4 Januari 2021

Kelas                            : V C

Tema 5                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1                   : Suhu dan Kalor

 Pembelajaran             :1

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? setelah  beberapa minggu kemarin kalian berlibur dari aktivitas pembeljaran daring. di tahun baru 2021 ini kita mulai KBM  kita dengan semangat ya anak soleh soleha.

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  


Perhatikanlah gambar-gambar peristiwa di atas! Gambar kegiatan manakah yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu? Apakah persamaan semua gambar tersebut?

Ya, semua gambar di atas berhubungan dengan kalor atau energi panas. Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut? Ya, ada api dan matahari. Bagaimana dengan tubuh manusia? Apakah tubuh manusia mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur energi panas?

Ayo Membaca

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Tugas hari ini menyimak video berikut ini dan membuat ringkasan materi yang ada dalam video berikut!
selamat mengerjakan dan tetap semangat ya anak soleh soleha...


Senin, 07 Desember 2020

Selasa,8 des 2020 kls 5 C

 

PAS TEMA 5 dan Bahasa Inggris

  Hari/tanggal                 :  Selasa, 8 Desember 2020

Kelas                : V C


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh



Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap melaksanakan ujian semester? Mulailah dengan berdoa dan jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Ikuti waktu yang ditentukan ya nak dan pastikan sudah melakukan pembayaran BPP Sampai bulan Desember karena link ujian PAS menggunakan pasword sebelum masuk ke link soal ujian...


1. Link soal TEMA 5
Password: 
TEMA5

Klik di bawah ini:


2. Link Soal Bahasa Inggris

Password :
PAS5

Klik di bawah ini:


Rabu, 02 Desember 2020

Kamis,3 des 20

 

3 DESEMBER 2020/KELAS 5 C

Hari/tanggal : Kamis, 3 Desember 2020
Kelas : V D

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh


Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. 
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini!

Anak-anak hari ini kita akan ujian

Tema 2 mulai Pukul 08.00 S.d. 09.30 WIB

Link Ujian PAS TEMA 2

https://forms.gle/iZqU8v9MrwaAn22z9

pasword tema 2 : JUJUR TEMA 2

Akidah Akhlak mulai Pukul 10.00 s.d. 11.30 WIB
 
Pasword: 

Ikuti waktu yang ditentukan ya nak dan pastikan sudah melakukan pembayaran BPP Sampai bulan Desember karena link ujian PAS menggunakan pasword sebelum masuk ke link soal ujian..

Berikut adalah kisi-kisi materi yang akan diujikan besok terkait PTS TEMA 3 MAKANAN SEHAT

PPKN

-          Bentuk kerjasama dikehidupan sehari-hari

-          Semboyan bangsa Indonesia

-          Keragaman bangsa Indonesia

Bahasa Indonesia

-          Iklan elektronik

-          Iklan media cetak

-          Ciri-ciri iklan elektronik

-          Kata kunci pada sebuah iklan produk makanan

IPA

-          Contoh hewan ruminansia

-          Organ tubuh ikan

-          Proses pencernaan makanan pada manusia

-          Gangguan pada organ pencernaan

IPS

-          Interaksi social

-          Kegiatan masyarakat sesuai letak geografis tempat tinggal

-          Contoh kegiatan ekonomi masyarakat

-          Kegiatan yang menghasilkan jasa

-          Kegiatan yang menghasilkan jasa

SBDP

-          Ciri tangga nada minor,mayor

-          Contoh alat music melodis

-          Property tari

-          Asal tari daerah

-          Alat music daerah

-