Selasa, 20 Mei 2025

Kelas 3.C "Tema 8 Subtema 4"

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2&3, RABU 21 MEI 2025

 Hari / Tanggal    : Rabu, 21 Mei 2025

Tema 8                  : Praja Muda Karana

Subtema 4            : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran      : 2 dan 3

Alat Peraga: Video dan poster

Kompetensi Dasar:

PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila

Bahasa (3.7) Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam teks lisan, visual, tulisan, atau eksplorasi lingkungan

MTK (3.13) menjelaskan data berkaitan dengan peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar

SBdP (3.4) mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik lipat, potong, dan sambung dalam karya keterampilan. 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. Siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat menjelaskan gerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dengan benar.

Menjadi Petugas Penerima Tamu

Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD

Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.

Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya. satunya pada saat akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..

Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memberikan pengalaman yang menarik.

Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan.

Membuat gambar atau model denah termasuk kegiatan berkarya. Cobalah membuat gambar dan model denah sekolah!

Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua tempat tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua tempat sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk membuat diagram.

Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!

No

Bagian Sekolah

Posisi

1

Ruang kelas 1- 3

Sebelah utara halaman sekolah

2

Perpustakaan

Sebelah barat ruang kelas 1

3

Ruang Guru

Sebelah barat ruang kelas 4

4

Ruang Kepala Sekolah

Sebelah utara ruang guru

5

Ruang kelas 4 - 6

Sebelah selatan halaman sekolah

6

Kamar Mandi/WC

Sebelah timur kelas 3

7

Kantin

Sebelah timur halaman sekolah

8

Tempat Parkir

Sebelah selatan gudang

9

Gudang

Sebelah timur kelas 6

10

UKS

Sebelah selatan kantin


KESIMPULAN
alhamdulillah pembelajaran hari ini seluruh siswa 21 bisa memahami arti dan makna lambang pancasila. Serta menghafal arah mata angin
Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar