Kamis, 15 Mei 2024
Mtaeri Ajar Kelas 3: Tema 8 Subtema 2 (Pb.4)
Hari / Tanggal : kamis, 16 Mei 2024
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 4
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini setelah mengamati, siswa dapat memberikan pendapat tentang perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti sila Pancasila dengan benar dan Setelah membaca teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mengamalkan makna simbol Pramuka dengan benar.
Mandiri Saat Melaksanakan Ibadah
Udin dan teman-teman taat dalam beribadah. Mereka melaksanakan ibadah dengan kesadaran sendiri. Mereka berani pergi ke tempat ibadah sendiri. Tempat ibadah dekat dengan tempat tinggal. Mereka selalu meyiapkan peralatan beribadah sendiri. Mereka mandiri saat melaksanakan ibadah. Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka. Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Taat dalam beribadah juga sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila. Bunyi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Lambang dari sila pertama Pancasila berbentuk bintang.
Ketuhanan Yang Maha Esa
Berikut ini beberapa contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.
AYO BERLATIH
Tuliskan 5 contoh perilaku yang menunjukkan pengamalan sila pertama Pancasila!
1. Maria menghormati temannya dengan tidak bermain gaduh ketika sedang beribadah.
2. Siti berbagi makanan dengan makanan yang berbeda agama/kepercayaan
3. Katrina berteman dengan semua teman dan tidak pandang agama
4.Anisa merawat kucing dengan penuh kasih saying karena kucing adalah ciptaan Tuhan.
5. Riko melaksanakan shalat dengan taat
Anggota pramuka harus menjadi orang yang taat terhadap Tuhan. Taat beribadah termasuk sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Mencintai dan menjaga makhluk ciptaan Tuhan juga pengamalan sila pertama Pancasila.
Memanfaatkan tanaman dengan cara yang baik termasuk menjaga makhluk ciptaan Tuhan. Misalkan memanfaatkan pohon kelapa. Beberapa manfaat pohon kelapa adalah sebagai berikut.
Buah kelapa dapat bertahan lama. Buah kelapa selalu kuat dalam berbagai keadaan. Artinya, anggota pramuka selalu taat terhadap Tuhan. Anggota Pramuka seorang yang memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Anggota pramuka selalu kuat dalam menghadapi tantangan.
Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja. Artinya, anggota pramuka dapat menyesuaikan dengan keadaan sekelilingnya.
Pohon kelapa menjulang lurus keatas. Pohon kelapa salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Artinya, anggota pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi. Anggota pramuka berpendirian teguh.
Pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Artinya anggota pramuka memiliki tekad yang kuat. Anggota pramuka berpegang kuat pada landasan yang baik.
Kelapa merupakan pohon serba guna. Mulai dari ujung daun hingga akar pohon kelapa sangat bermanfaat. Artinya, anggota pramuka adalah manusia yang berguna. Anggota pramuka berguna untuk tanah air. Anggota pramuka berguna untuk bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Anggota pramuka berguna untuk umat manusia.
LATIHAN HARI INI
Setelah kita bernyanyi tadi yuk kita lanjut latihan menulis ya anak sholih/ sholihah agar tulisan ananda lebih rapih lagi. Kerjakan Buku Lalisba Halaman 19-20 langsung dikerjakan dibuku Lalisba nya ya nak.
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Rabu, 15 meil 2024
Materi Ajar Kelas 3: Tema 8 Subtema 2 (Pb.2 dan 3)
Hari / Tanggal : rabu, 15 meil 2024
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 2 dan 3
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menulis pendapat tentang perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar, mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
Mandiri dalam Mengambil Keputusan
Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan.
Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.
AYO MEMBACA
Mandiri Mengerjakan Pekerjaan Rumah
Udin anggota pramuka yang rajin dan mandiri. Udin selalu merapikan kamar tidur sendiri. Udin mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri. Udin juga menyiapkan peralatan sekolah secara mandiri. Udin juga rajin membantu orang tua. Udin sudah dapat membersihkan rumah. Udin juga suka membantu pekerjaan Ibu di dapur. Udin juga sudah dapat menjahit atribut pramuka dengan bantuan Ibu. Udin cakap dan mandiri melakukan berbagai kegiatan.
Udin mendapat tanda khusus karena cakap dalam berbagai bidang. Tanda kecakapan khusus merupakan salah satu tanda pengenal pramuka. Selain tanda khusus, ada juga tanda umum. Tanda umum digunakan oleh seluruh anggota pramuka. Tanda umum pramuka diantaranya; tanda tutup kepala dan tanda pelantikan. Ada juga setangan leher, tanda harian, tanda WOSM atau tanda pramuka sedunia.
Ada berbagai macam tanda kecakapan khusus (TKK). Tanda kecakapan khusus wajib sepuluh buah. Berikut ini sepuluh tanda kecakapan khusus.
Tanda kecakapan khusus diberikan untuk menambah semangat anggota pramuka. Tanda kecakapan khusus bertujuan untuk melatih keterampilan serta kemandirian.
Bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusus setiap kelompok pramuka berbeda. Untuk pramuka siaga berbentuk segitiga dan hanya satu tingkatan. Untuk pramuka penggalang ada tiga tingkatan dengan bentuk yang berbeda. Tingkat purwa berbentuk lingkaran. Tingkat madya berbentuk persegi. Tingkat utama berbentuk segilima. Berikut contoh gambar TKK menabung sesuai tingkatan.
AYO BERLATIH
Masih ingatkah kalian dengan bentuk bangun datar?
Apakah kalian tahu sifat-sifat bangun datar? Perhatikan gambar persegi berikut ini!
Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat persegi!
Siapkan tali untuk mengukur sisi persegi! Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Persegi 1
Ukur sisi AB, BC, CD, DA menggunakan tali, lalu potong.
Amati potongan tali! Apa yang kalian temukan?
Panjang sisi AB, BC, CD, DA = 4 CM.
Ukur semua sudut persegi menggunakan pojok siku-siku!
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A = 90° sudut B = 90°, sudut C = 90°, sudut D= 90°
Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi 2 dan
persegi 3!
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan sebelumnya!
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi.
1. Apakah persegi merupakan bangun segi empat?
Jawaban: Iya, persegi merupakan bangun segi empat.
2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?
Jawaban: Ukuran panjang tiap-tiap sisinya adalah sama.
3. Bagaimana ukuran besar sudutnya?
Jawaban: Ukuran besar sudutnya memiliki besar yang sama.
Tanda kecakapan khusus terdiri atas lima bidang. Setiap bidang memiliki warna khusus. Bidang agama berwarna dasar kuning. Bidang patriotism dan seni budaya berwarna dasar merah. Bidang ketangkasan dan kesehatan berwarna dasar putih. Bidang keterampilan dan teknik pembangunan berwarna dasar hijau. Bidang sosial berwarna dasar biru.
AYO MENARI
Masih ingatkah kamu dengan tari Tempurung yang sudah dipelajari sebelumnya?
Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih menari tari Tempurung!
1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara bergantian sebanyak empat kali.
3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat. Lakukan sebanyak dua kali.
4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.
TUGAS HARI INI
Setelah membaca teks berjudul “Mandiri dalam Mengambil Keputusan” Hal.64-65
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apa arti bermusyawarah?
2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah.
3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?
4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan?
Jangan lupa tuliskan di buku latihan tematik dan hasilnya kirimkan ke Sir Yogi yaa… Semangat!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Selasa, 14 Mei 2024
Materi Ajar Kelas 3: Tema 8 Subtema 2 (Pb.1)
Hari / Tanggal : Selasa, 14 Mei 2024
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 1
Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.
Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan Pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar, mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar, mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
Sebelum memulai pembelajaran kita simak video berikut ya:
Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.
Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.
Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.
Perhatikan seragam pramuka Siti dan Udin berikut:
Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga. Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara
keduanya!
Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar. Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang. Tuliskan pada tabel berikut! Tuliskan secara berkelompok sesuai bentuknya!
Pohon kelapa dipilih menjadi lambang pramuka karena banyak manfaatnya. Anggota pramuka juga harus bermanfaat untuk orang lain.
Salah satu bagian kelapa yang dapat dimanfaatkan yaitu tempurungnya kelapa. Tempurung kelapa digunakan untuk membuat kerajinan. Tempurung kelapa dapat dijadikan hiasan, alat permainan, juga alat menari.
Yuk kita simak bagaimana cara mempraktikkan tari tempurung kelapa dari Sumatra Barat.
Tugas hari ini:
Setelah mempelajari tanda-tanda pramuka,
Kelompokkanlah tanda-tanda pramuka menjadi bangun datar berikut.
Tuliskan secara berkelompok sesuai bentuknya!
Kirimkan tugasnya ke Whatsapp Sir Yogi ya.
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar