Hari/ Tanggal : Selasa, 20 Februari 2024
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 1
Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat. Serta, dengan mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, siswa dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
AYO MEMBACA
Perubahan Energi
Lani sedang membantu ibu di dapur. Lani memperhatikan kompor yang sedang menyala. Lani bertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapat menyala. Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya. Bahan bakar yang sering digunakan untuk kompor adalah minyak tanah dan gas. Energi pada minyak tanah dan gas adalah energy kimia. Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor. Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.
Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh. Makanan merupakan sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut diolah menjadi sarisari makanan. Sari-sari makanan diubah menjadi energi. Karena energy inilah seluruh bagian tubuh dapat bekerja. Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karena adanya energi. Begitu pula bagian-bagian tubuh lainnya.
LATIHAN
Ayo kita coba tuliskan perubahan energy yang ada di sekolah dan di rumah seperti contoh:
Selamat mengerjakan!
Jumat, 03 Februari 2023
Materi Ajar Kelas 3 Tema 6 Sub 1 Pb.6
Hari / Tanggal : Jum'at, 03 Februari 2023
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 6
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Tujuan pembelajaran hari ini adalah:
1. Dengan membaca teks, siswa mampu menjelaskan kata/istilah terkait energi yang ada pada teks.
2. Dengan mengidentifiasi istilah-istilah terkait energi, siswa mampu menyusun informasi lisan dengan benar.
3. Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dalam keluarga sesuai dengan kewajiban yang telah dilaksanakan terkait dengan melestarikan sumber energi dengan tepat.
4. Dengan menuliskan hasil diskusi, siswa mampu menentukan hak yang terkait dengan penggunaan sumber energi dengan tepat
5. Dengan kegiatan menulis siswa, mampu menyampaikan informasi terkait sumber energi dengan tepat.
6. Dengan latihan soal, siswa mampu menentukan satuan waktu dengan tepat.
Ayo Membaca!
Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan.
Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.
Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.
Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Perhatikan tabel kegiatan berikut!
Mulai Kegiatan | Selesai Kegiatan | Lamanya |
Pukul 07.00 | Pukul 10.00 | 3 jam |
Hari Senin | Hari Jumat | 5 hari |
Bulan Januari | Bulan Mei | 5 bulan |
Pukul 09.00 | Pukul 12.00 | 3 jam |
Pukul 14.00 | Pukul 15.30 | 1 jam 30 menit |
Alat yang digunakan di rumah | Waktu mulai | Waktu selesai | Lama |
Mesin Air | 04.00 | 05.30 | 1 jam 30 menit |
Kipas Angin | 21.00 | 04.00 | 7 jam 0 menit |
Televisi | 14.30 | 17.00 | 2 jam 30 menit |
Lampu Listrik | 19.30 | 21.00 | 1 jam 30 menit |
Penanak Nasi Listrik | 10.00 | 10.30 | 0 jam 30 menit |
TUGAS Hari ini :
Diskuksikan bersama ayah, bunda atau kakak tentang kewajiban dan Hak untuk memanfaatkan energi
Silahkan Lengkapi Tabel dibawah ini:
NO | Kewajiban | Hak |
1. | Mematikan keran air jika tidak dipakai. | |
2. | Tidak membuang-buang makanan | |
3. | Mematikan lampu di siang hari. | |
4. | Tidak menghamburkan air di kamar mandi. | |
5. | Menghabiskan minum yang sudah diambil |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar