Minggu, 14 Mei 2023

Pembelajaran kls 3 D

 

Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 1

 MATERI AJAR KELAS 3


Hari / Tanggal : Senin 15 Mei 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 4 : Aku Suka Berkarya
Pembelajaran : 1

Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.
Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan Pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat siswa dapat menentukan arah mata angin dengan benar, siswa dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat, siswa dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

Arah Mata Angin dan Denah

Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat. Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.


SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara. Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.


Keterangan :
U = Utara TG = Tenggara B = Barat
TL = Timur laut S = Selatan BL = Barat laut
T = Timur BD = Barat daya

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu kearah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu kearah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

Perhatikan gambar denah berikut ini !


1. Masjid berada di sebelah Barat Laut SD Nusantara.
2. Taman bermain Kenanga berada di sebelah Barat Daya gereja
3. SD Nusantara berada di sebelah Timur taman bermain
4. Gereja berada di sebelah pos Utara ronda.
5. Rumah teman Udin tepat di seberang Barat gereja.

Udin berlatih membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar. Udin mencatat informasi tentang banyak rumah. Udin dan teman-teman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.

Berikut ini laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.


Dari data diagram diatas yuk kita sama-sama menjawab pertanyaan dibawah ini :

1. Dimanakah tempat yang memiliki rumah paling banyak ?
Jawab : Jalan Lili

2. Dimanakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit ?
Jawab : Jalan Mawar

3. Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar ?
Jawab : 50 – 35 = 15

4. Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Lili dan Jalan Kamboja ?
Jawab : 60 – 50 = 10

5. Berapa banyak rumah semuanya ?
Jawab : 35 + 45 + 50 + 60 = 190

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar