Minggu, 26 Februari 2023

Senin,27 pebruari 2023 kls 3 D3

 

Materi Ajar Kelas 3 Tema 6 Sub 4 Pb. 6

 Hari/ Tanggal              : senin,27 Februari 2022

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                  : Penghematan Energi

Pembelajaran             : 6

                                  

Tujuan pembelajaran hari ini Setelah mengamati gambar, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan tepat. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan  luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.

Perhatikan gambar berikut! Pada gambar menunjukkan pemanfaatan air hujan. Air hujan yang digunakan untuk kegiatan lain  termasuk menghemat air.


Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi. Kerja sama untuk saling mengingatkan. Kerja sama untuk mengerjakan. Kalian berhak mendapat saran untuk memperbaiki sikap. Kalian berkewajiban melaksanakan saran yang  diberikan. Kalian juga berkewajiban memberikan saran yang baik untuk teman.


Proses belajar di kelas berjalan dengan lancar.

Hak saya adalah mendapatkan pembelajaran dari guru

Kewajiban saya adalah mendengarkan penjelasan guru dengan baik

Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.

Hak saya adalah mendapatkan kelas yang bersih dan nyaman

Kewajiban saya adalah  Menjaga kebersihan kelas




Memiliki lingkungan sekolah yang asri.

Hak saya adalah mendapatkan lingkungan sekolah yang asri

Kewajiban saya adalah menjaga lingkungan sekolah agar tetap asri

Memiliki tempat penyebrangan yang aman.

Hak saya adalah menyebrang dengan aman

Kewajiban saya adalah menyebrang dengan berhati-hati



Perhatikan gambar berikut!

Berikut ini gambar bagian-bagian sekolah!


Isilah titik-titik di bawah ini sesuai gambar!

1. Ruang kelas digambarkan dengan warna kuning.  Luas ruang kelas adalah ... persegi satuan.

Luas ruang kelas = 15 persegi satuan

 2. Lapangan olahraga digambarkan dengan warna hijau. Luas lapangan olahraga adalah ... persegi satuan.

Luas lapangan olahraga= 2 persegi satuan

3.       3. Ruang kepala sekolah digambarkan dengan warna biru. luas ruang kepala sekolah adalah ... persegi satuan.

Luas ruang kepala sekolah = 16 persegi satuan

4.       4. Ruang perpustakaan digambarkan dengan warna ungu. Luas ruang perpustakaan adalah ... persegi satuan.

Luas ruang perpustakaan = 7 persegi satuan

5. Kamar kecil digambarkan dengan warna merah. Luas kamar kecil adalah ... persegi satuan.

Luas kamar kecil = 3 persegi satuan


Perhatikan contoh lain berikut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar