Minggu, 23 Januari 2022

Senin,23 jan 22 kls 5C

 

Materi Ajar Hari Senin, 24 Januari 2022, Tema 6 : Panas dan Perpindahan Subtema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Pembelajaran : 4


 Materi Ajar Hari Senin, 24 Januari 2022


Tema 6 : Panas dan Perpindahan
Subtema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
Pembelajaran : 4

Tujuan pembelajaran :
1. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi di dataran tinggi
2. Menjelaskan akibat tidak adanya penerapan di tanggung jawab di sekolah

KOMPETENSI DASAR (KD) 
3.3 Bahasa Indonesia
3.2 Muatan IPS
3.2 Muatan PPKN

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa



Ayo Membaca

Permasalahan Sosial di Sekitar Kita
Setiap warga negara, mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai perannya di dalam masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawabnya adalah melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila, menjamin terjadinya masyarakat yang saling menghargai demi kepentingan bersama.

Apa saja akibat yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? Salah satu akibatnya adalah terjadinya masalah sosial. Berikut ini adalah jenis-jenis permasalahan social yang terjadi di lingkungan masyarakat.

a. Sampah

b. Kali atau Sungai yang Kotor
Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. 

c. Bangunan Liar
.
d. Kemacetan Lalu Lintas

Masalah Sosial

Penyebab

Akibat

Usaha Untuk Mengatasi

Sampah

Kebiasaan membuang sampah sembarangan

Kenyamanan dan keamanan terganggu

Membiasakan dan menganjurkan membuang sampah pada tempatnya

Sungai Kotor

Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah

Saat musim hujan banjir meluap

Membuang sampah pada tmpat yang telah disediakan

Bangunan Liar

Membuat bangunan di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang

Ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat 

Membuat bangunan di tempat yang tidak mengganggu aktifitas warga masyarakat



Kemacetan Lalu Lintas

Pengguna jalan tidak memenuhi kewajibannya dan tidak menaati peraturan lalu lintas.

Ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.

Sosialisasi pentingnya menaati praturan lalu lintas bagi pengguna jalan


Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar
Ayo perhatikan sekelilingmu. Bersama dengan teman kelompokmu yang tinggal di daerah yang berdekatan, lakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat di sekitarmu. Carilah informasi dari Ketua RT, atau orang tuamu tentang permasalahan sosial apa saja yang terjadi di sekitarmu. Identifikasikan penyebab masalah sosial tersebut dihubungkan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban anggota masyarakat. Sebutkan juga, usaha apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Tuliskan informasi dan hasil identifikasi yang kamu lakukan di tabel berikut ini.
Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal
Kesimpulan :
Masalah sosial mengakibatkan pencemaran lingkungan berdampak pada kesehatan, lingkungan, dan sosial-ekonomi. Masalah sosial dapat diatasi jika semua warga melaksanakan kewajiban dan haknya dngan benar.
Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.
Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah

Masalah Sosial

Penyebab

Akibat

Usaha Untuk Mengatasi

Siswa sering bolos sekolah

Kurang perhatian dari orang tua

Siswa ketinggalan materi pelajaran

Memberikan bimbingan tentang pentingnya sekolah

Membuang sampah sembarangan

Kurangnya kesadaran menjaga kebersihan libgkungan

Lingkungan sekolah kurang nyaman untuk belajar

Membiasakan membuang sampah pada tempat yang disediakan

Siwa berkelahi

Kurangnya raa mengasihi dan menyayangi

Suasana belajar kurang nyaman

Membiasakan siswa lbih mngnal antara satu dengan yang lainnya.

Kekerasan fisik guru terhadap siswa

Kurangnya pemahaman guru tentang pendidikan

Siswa mengalami trauma

Memberikan pemahaman tentang tujuan pendidikan di sekolah


Usaha Bolu Meranti Medan
Ada yang bilang, kalau pulang dari Medan tanpa membawa Bolu Meranti, berarti ia tidak benar-benar pergi ke Medan. Ya, siapa yang tidak tahu Bolu Meranti? Tetapi ternyata, bolu ini menjadi oleh-oleh khas Medan mulai tahun 2000-an. Sebelum itu, orang tidak tahu apa-apa tentang oleh-oleh tersebut.
Bolu Meranti adalah makanan berupa bolu gulung berbahan dasar telur dan tepung ya
Seorang ibu bernama Ai Ling suatu hari menitipkan bolu buatannya di toko milik salah satu kerabatnya yang berlokasi di Jalan Meranti. Ai Ling yang sedari muda dikenal suka memasak dan membuat kue ini, lama-kelamaan kewalahan dengan pesanan bolu yang dibuatnya. Hingga suatu saat ia membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Namun, ia tetap menggunakan nama Meranti sebagai nama bolunya untuk menjaga agar pelanggannya ingat akan bolu buatannya.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
  1. Bagaimana kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan? Bolu ini memiliki rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.
  2. Usaha apa saja yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat bolu ini terkenal? Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Banda Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
  3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan? Usaha bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan.
  4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya? Bolu Meranti menjadi ciri khas Kota Medan.
  5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleholeh khas daerahmu? Gethuk Goreng Sokaraja.
Ayo Mengamati
Bagaimana dengan kegiatan masyarakat di daerah tempat tinggalmu? Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok.
  1. Carilah informasi tentang oleh-oleh khas daerahmu yang terkenal sampai wilayah lain. Oleh-oleh itu dapat berupa makanan, atau kerajinan tangan khas daerah sepeti kain, patung, atau kerajinan lainnya.
  2. Catatlah informasi tersebut.
  3. Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan ini.
Nama oleh-oleh khas:
Gethuk Goreng Sokaraja

Keunikan atau kekhasan:
  1. Gethuk Goreng yang bercita rasa manis ini mempunyai aneka rasa atau aroma seperti : rasa gula merah, cokelat, durian dan lain-lain. 
  2. Gethuk Goreng ini dikemas apik dalam besek sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh karena dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari.
Manfaatnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar:
  1. Usaha Gethuk Gorng Sokaraja membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Sokaraja dan sekitarnya,
  2. Usaha Gethuk Goreng mampu menambah penghasilan warga Sokaraja.
  3. Gethuk Goreng menjadi makanan khas dari Kabupaten Banyumas.
Tugas 
1. Sebutkan 4 contoh Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah!
2. Apa akibatnya apabila siswa sering bolos sekolah ?
3. Sebutkan 4 jenis-jenis permasalahan social yang terjadi di lingkungan masyarakat!
4. Apa akibat Kemacetan Lalu Lintas bagi kita semua ?
5. Sebutkan  sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar