Senin, 27 Juli 2020

Pembelajaran kls 5c Selasa 28 juli 2029

Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Anak sholeh/sholehah... marilah kita bersama-sama mengawali belajar dengan berdo'a kepada Allah semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu diberi kesehatan lahir dan bathin.. Semoga kalian dapat mengikuti dan memahami pelajaran yang disajikan  hari ini. 

MATERI AJAR
Hari/Tanggal    : Selasa, 28 Juli 2020
Muatan PB      :  Matematika
Kelas                : V C al azhar 1

Materi mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan sebaliknya

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
Peserta didik dapat mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran.

Pecahan Campuran 
Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa karena pembilangnya lebih besar dari penyebutnya.

 
Mengubah Bentuk Pecahan
Ada beberapa langkah atau cara yang dapat kalian coba untuk mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan campuran, berikut penjelasannya:
1. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran

Cara pertama
Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran kita harus mencari hasil kelipatan dari bilangan penyebut yang mendekati angka pembilang. Disini saya berikan contoh yang paling mudah. Misal mengubah pecahan 7/3 maka kita harus mencari dulu kelipatan dari angka 3 yang mendekati 7 tetapi tidak boleh lebih dari 7. Kelipatan 3 yang terdekat dengan 7 adalah 6. Angka 1 adalah sisa pengurangan 7 dengan 6.
 

Cara Kedua
Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dengan membagi pembilang dengan penyebut kemudian mencari sisanya. Kita bisa membaginya langsung atau dengan menggunakan 
porogapit. Kemudian sisa pembagian tersebut dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut yang sama.
 

2. Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa pecahan campuran adalah pecahan biasa yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya. Karena pembilangnya lebih besar daripada penyebutnya maka pecahan jenis ini terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa yang merupakan hasil pembagian bersisa antara pembilang dan penyebut.Nah, untuk mengembalikan pecahan campuran menjadi pecahan biasa caranya bilangan bulat x penyebut + pembilang = pembilang, penyebutnya tetap.

 


sama sama kita simak video berikut !

Latihan soal

1. 25 = ...

 2.  4 24 =... 

3. 3 3⁄4 
….

4.   6/4 =...

5.   7/3 =....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar